Arkeolog Temukan 7600 fosil di 'Kota Dinosaurus'

BEIJING - Arkeolog China menemukan 7600 fosil dinosaurus di lokasi yang diklaim sebagai tempat penemuan fosil dinosaurus terbesar di dunia. 'Kota Dinosaurus' tersebut berada di sebelah timur provinsi Shandong, China.

Xinhua, Kamis (1/1/2009) memberitakan, ribuan fosil dinasaurus itu ditemukan dari lubang sedalam 300 meter dekat kota Zhungcheng sejak tujuh bulan terakhir. Dari jumlah tersebut, terdapat beberapa fosil Hadrosaurus, jenis dinosaurus berukuran setinggi 20 meter.

Zhucheng selama ini memang dikenal sebagai 'Kota Dinosurus' di China, karena di eilayah tersebut telah ditemukan fosil dinosaurus di 30 titik lokasi.

China, yang dapat dianggap sebagai pendatang baru di bidang arkeologi, terus melakukan eksplorasi selama beberapa tahun terakhir untuk menemukan fosil langka. Namun, tak jarang fosil-fosil tersebut diselundupkan ke luar China dan dijual dengan harga yang sangat mahal.

Januari 2008, Australia mengembalikan ratusan kilogram fosil dinosaurus China ke Beijing, termasuk di dalamnya telur yang telah berusia ratusan juta tahun.